Admin
Admin
Online
Halo ‘‹
Ada yang bisa dibantu?
“SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI WEBSITE SMP IT CIHIRUP- KUNINGAN//"TERWUJUDNYA GENERASI BERMAKNA ISLAMI DI TAHUN 2029 .”

Rencana Pembelajaran Islami

 

📖 Rencana Pembelajaran Islami untuk SMP

Kelas: VIII (SMP)
Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Materi: Akhlak Terpuji (Tawakal dan Syukur)
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit


1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  • Menjelaskan pengertian tawakal dan syukur menurut Islam.

  • Menyebutkan dalil Al-Qur’an dan Hadits yang berkaitan.

  • Menunjukkan contoh perilaku tawakal dan syukur dalam kehidupan sehari-hari.

  • Membiasakan sikap tawakal dan syukur di sekolah maupun di rumah.


2. Materi Pembelajaran

  • Pengertian Tawakal: menyerahkan segala urusan kepada Allah setelah berusaha maksimal.

  • Dalil Tawakal: QS. Ali Imran ayat 159.

  • Pengertian Syukur: berterima kasih atas nikmat Allah dengan hati, lisan, dan perbuatan.

  • Dalil Syukur: QS. Ibrahim ayat 7.

  • Contoh Perilaku:

    • Tawakal: belajar sungguh-sungguh lalu berdoa sebelum ujian.

    • Syukur: mengucapkan alhamdulillah ketika mendapat nikmat, tidak sombong, dan berbagi.


3. Metode & Model Pembelajaran

  • Ceramah interaktif

  • Diskusi kelompok kecil

  • Tanya jawab

  • Penugasan (refleksi harian)


4. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit):

  • Guru mengucapkan salam dan doa bersama.

  • Apersepsi: tanya siswa “Apa yang kalian lakukan jika gagal ujian?” untuk menghubungkan materi.

  • Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti (60 menit):

  • Guru menjelaskan konsep tawakal dan syukur, disertai dalil.

  • Siswa membaca ayat Al-Qur’an terkait secara bergiliran.

  • Diskusi kelompok: setiap kelompok mencari contoh perilaku tawakal dan syukur di sekolah.

  • Presentasi hasil diskusi.

  • Guru menekankan pentingnya mengamalkan tawakal dan syukur dalam kehidupan.

Penutup (10 menit):

  • Refleksi: siswa menuliskan satu pengalaman pribadi tentang tawakal atau syukur.

  • Guru menyimpulkan materi.

  • Doa penutup.


5. Penilaian

  • Pengetahuan: menjawab pertanyaan lisan/tulis tentang definisi dan dalil.

  • Keterampilan: presentasi diskusi.

  • Sikap: observasi penerapan tawakal & syukur dalam kehidupan sehari-hari.


⬇️ Download Materi PDF

Berbagi